Tentang Kami


Sekilas

Seperti yang sudah disajikan di awal saat membuka halaman Sisi.silang ini, kami baru saja berubah nama.

Sejak tahun 2014 lalu, kami terus berevolusi dengan berbagai tipe konten yang berbeda, meskipun selama sekitar 3 tahun (sampai tahun 2017), kami masih fokus dengan konten soal dunia media dan penyiaran, terutama televisi. Kami, awalnya hanya muncul dari sebuah blog pribadi yang memiliki subdomain rinaldo92aldo.wordpress.com. Nama blognya saat itu hanya rinaldo92aldo Blog.

Kemudian, pada tahun 2015 kami sempat membuat survei yang menanyakan soal nama baru apa yang cocok buat blog tersebut yang dimana isinya soal kritik program televisi pada umumnya. Sampai muncul nama ini.kritik.gue. Nama inilah yang kami sandang hingga tahun 2018. Perubahan demi perubahan terjadi dalam kurun waktu tersebut. Baik dari gaya konten, pindah ke domain milik pribadi (inikritikgue.my.id) dari tahun 2016, hingga soal memperluas variasi konten dengan menyajikan konten-konten yang kini menjadi dasar hadirnya Sisi.silang ini.

Dengan segala pertimbangan yang ada (bisa ditemukan di halaman ini, tab Tanya jawab), akhirnya kami memutuskan mengubah nama menjadi Sisi.silang dan mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam pengemasan konten yang lebih variatif dan lebih mengarah kepada content-oriented yang inspiratif, mendalam dan renyah seperti gorengan hangat.

Untuk pendanaan operasional website ini, sementara ini berasal dari kocek pribadi dari founder dan admin satu-satunya (sementara ini), Rinhardi Aldo dan dalam beberapa waktu mendatang, akan mulai dibuka untuk beriklan.


Tanya jawab

Sebagai pembaruan dari ini.kritik.gue, Sisi.silang mengetengahkan konten yang lebih kaya, dimana fokus utama tak lagi soal mengkritik belaka, namun ada nilai informasi yang coba dikembangkan lebih lanjut, dan bisa disampaikan dengan berbagai macam medium, baik teks, visual ataupun audiovisual.

Alasan perubahan nama?

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa namanya kemudian harus berubah.

Pertama, branding ini.kritik.gue sudah terlanjur melekat dengan mengkritik dan tentang televisi. Memang, awalnya hal ini sangat wajar terjadi karena memang blognya sendiri memang memiliki fokus ke topik tersebut dan memang cenderung kritis terkait hal tersebut. Namun, mengingat dalam setahun terakhir ada perubahan dalam berbagai sisi, termasuk ketika saya masuk ke "dunia lain" diluar penyiaran dan saya kini memilih fokus sebagai penulis secara umum, akhirnya perubahan ini harus dilakukan.

Bukan berarti ada yang salah dengan mengkritik hingga nama web ini harus diubah. Ataupun, ketakutan akan hal-hal lain yang akan terjadi setelah kritik muncul (entah kriminalisasi dengan berbagai cara, entah ada hubungannya dengan hal-hal pribadi – pekerjaan ataupun pertemanan), namun memang ada saatnya perubahan ini berjalan.

Kedua, setelah dievaluasi, perubahan yang sempat dialami ini.kritik.gue menjadi 3 bagian dan kemudian menjadi 1 bagian menimbulkan kebingungan. Apalagi kenyataannya perubahan semacam ini akan merancukan trafik pengunjung yang akan masuk di website, menyulitkan promosi artikel dan tentu saja mengesankan adanya ketidakkonsistenan dalam menggarap branding yang ada. Evaluasi ini pada akhirnya memisahkan Sisi.silang dari ini.kritik.gue yang lama, dimana artikel-artikel ini.kritik.gue di masa lampau masih bisa diakses dengan mengetikkan URL rinaldo92aldo.wordpress.com.

Jadi, dengan demikian, Sisi.silang hadir dengan konsep dan artikel yang benar-benar baru, bukan memindah-mindahkan artikel lama.

Ketiga, dengan mempertahankan nama ini.kritik.gue, saya jadi kesulitan mengembangkan konten baru, terutama konten informasi yang nampaknya menjadi kunci baru dari Sisi.silang kedepannya. Branding yang lama ini cukup mengikat sehingga memang akan memblurkan pemikiran pembaca pada umumnya.

Arti nama Sisi.silang dan mengapa harus namanya ini.

Beberapa kali saya sempat menemukan nama yang nampaknya pas dengan konsep baru yang coba saya usung, namun sebagian besar sudah menjadi trademark dari web-web dengan tipe konten serupa. Kesan terlalu generik pun didapat. Seperti Asumsi, Narasi, Opini ataupun nama-nama lainnya. Ada nama-nama lain yang saya pertimbangkan, seperti Imbang. Namun, nama semacam ini agak membuat saya banyak berpikir (dan tiba-tiba pikiran saya menuliskan status "Destination host unreachable" alias tiba-tiba "hilang").

Kemudian, terpikirlah nama-nama dengan apapun belakangnya "silang". Akhirnya nama inilah yang digunakan.

Arti Sisi.silang ini adalah sederhana, menyajikan berbagai hal dengan berbagai sisi yang bersilangan. Meskipun bersilangan, namun makna hal tersebut tidaklah kabur. Kenapa? Karena ada pola silang yang melingkupi hal tersebut. Jadi, tetap saja masih ada arah, yang tak bermaksud menguasai narasi yang ada, karena menghadirkan berbagai arah berbeda yang memperkaya perspektif.

Strategi secara umum.

Sisi.silang hadir dengan strategi konten yang lebih populer, namun tetap mengutamakan isi yang berbobot. Kontennya tak selalu berisi opini dan kritik, namun juga informasi-informasi yang layak dan perlu dibaca. Kadang-kadang, konten yang muncul adalah konten yang lebih "nyeni". Selain ada SisiVlog dan infografis, ada juga konten-konten semacam "satire" dan celetukan yang macam-macam terkait hal-hal yang lagi hangat saat ini.

Agak mengarah ke media massa? Mungkin. Tapi toh Sisi.silang belum berniat mengarah kesana. Selain pengelolaan Sisi.silang masih dikelola individu (tepatnya saya sendiri sih), kemudian faktor finansial yang masih terbatas dan berbagai kendala-kendala lainnya yang saat ini masih dicoba untuk diatasi satu per satu sambil berjalannya waktu.

Namun yang jelas, bolehlah harapan membesar itu dititipkan.

Selain Sisi.silang sebagai produk utama, ada rencana-rencana lain untuk mengembangkan Sisi.silang. Rencana terdekat, ada produk sampingan yang diberi nama Sisi.media, semacam situs review atau ulasan terkait media massa di Indonesia, baik cetak atau elektronik. Hal ini masih dikembangkan dan belum rilis dalam waktu dekat.

Fokus berarti ke content?

Betul. Sekarang, fokusnya adalah ke konten. Sambil belajar juga untuk memahami konten lebih baik.


Kirim komentar disini